Administrasi secara etimologis
Secara etimologis istilah administrasi berasal dari bahasa Inggris dari kata administrationyang bentuk infinitifnya adalah to administer. Kata to administer sebagai to manage (mengelola) atau to direct (menggerakkan). Maka secara etimologis dapat diartikan sebagai kegiatan memberi bantuan dalam mengelola informasi mengelola manusia, mengelola harta benda ke arah satutujuan yang terhimpun dalam organisasi.
Administrasi dalam arti sempit
Administrasi dalam arti sempit merupakan penyusunan dan pencacatan data dan informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam hubunganya satu sama lain.
Administrasi dalam Arti Luas
Sesungguhnya istilah administrasi berhubungan dengan kegiatan kerja sama yang dilakukan manusia atau sekelompok orang hingga tercapai tujuan yang diinginkan. Kerja sama adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang secara bersama-sama, teratur dan terarah berdasarkan pembagian tugas sesuai dengan kesepakatan bersama. Adapun ilmu yang mempelajari fenomena kerja sama yang bersifat kooperatif dan terorganisasi untuk mencapai tujuan adalah ilmu administrasi.
ciri pokok untuk disebut sebagai administrasi, yaitu:
- Sekelompok orang; artinya kegiatan administrasi hanya mungkin terjadi jika dilakukan lebih dari satu orang.
- Kerja sama; artinya kegiatan administrasi hanya mungkin terjadi jika dua orang atau lebih bekerja sama.
- Pembagian tugas; artinya kegiatan administrasi bukan sekadar kegiatan kerja sama, melainkan kerja sama tersebut harus didasarkan pada pembagian kerja yang jelas.
- Kegiatan yang runtut dalam suatu proses; artinya kegiatan administrasi berlangsung dalam tahapan-tahapan tertentu secara berkesinambungan.
- Tujuan; artinya sesuatu yang diinginkan untuk dicapai memlalui kegiatan kerja sama.
mohon bantuannya untuk memberi arti dalam pokok pokok administrasinya terimakasih sebelumnya,sangat membantu
ReplyDelete